Bentuk Naskah

Naskah disusun menggunakan bahasa Indonesia, diketik spasi 1,5 dengan garis tepi minimum 2,5 cm. Panjang naskah 8 -12 halaman yang dicetak pada kertas A4 (21X30cm).

Judul dan Nama Pengarang

Judul ditulis lengkap dan jelas, tanpa singkatan. Jenis hruf Book Antique, ukuran font 13, bold UPPERCASE, italic & center, jarak 1 spasi.

Nama pengarang (atau pengarang-pengarang) ditulis lengkap, institusi tempat pengarang bekerja, dan alamat pengarang serta nomor telpon, fax, atau e-mail untuk keperluan korespondensi dengan urutan dari atas ke bawah berupa penulis utama, penulis kedua, dan seterusnya. Jenis huruf Times New Roman, ukuran font 12, Italic, jarak 1spasi

Abstrak

Jenis huruf Times New Roman, ukuran font 10, jarak 1 spasi.

Ditulis pada halaman pertama di bawah nama dan institusi. Panjang abstrak 150-200 kata, dengan urutan serta jumlah kalimat yang proporsional yang terdiri atas a) Latarbelakang (1 kalimat), b) Tujuan penelitian (1 kalimat), c) Metodologi (4-5 kalimat), d) Hasil penelitian (5-7 kalimat), dan Kesimpulan (1 kalimat). Di akhir abstrak, disertakan kata kunci sebanyak 4 sampai 8 kata.

Pendahuluan

Jenis huruf Times New Roman, ukuran font 12, jarak 1,5 spasi, dengan panjang 3-5 paragraf. Berisi latar belakang dan tujuan penelitian secara ringkas dan padat. Landasan teori tidak perlu dimasukkan, namun bisa dimasukkan penelitian sejenis yang mendukung.

Bahan dan Metode

Jenis huruf Times New Roman, ukuran font 12, jarak 1,5 spasi, sepanjang 1-2 paragraf, berisi : 1) lokasi penelitian, 2) Populasi dan sampel, 3) Pengumpulan data, dan 4) Analisis data. Bagian bagian lainnya bisa ditambahkan sesuai dengan keperluan.

Hasil Penelitian

Jenis huruf Times New Roman, ukuran font 12, jarak 1,5 spasi, Penyajian hasil penelitian dilakukan dalam  bentuk narasi, tabel, atau gambar. Dalam penyajiannya harus dimulai dengan narasi dulu, kemudian diikuti dengan tabel atau gambar untuk memperjelas apa yang dikemukakan dalam narasi. Narasi cukup memberikan penjelasan singkat tentang isi tabel atau gamba, tidak perlu mengulang seluruh isi tabel atau gambar.

Tabel dan Gambar

Jumlah tabel dan gambar maksimal 5 buah dan diletakkan di bagian akhir tulisan. Seluruh gambar/ tabel/bagan/grafik diberikan nomor secara berurutan sesuai urutan kemunculan di dalam artikel. Keterangan gambar dituliskan di bawah dan keterangan tabel dituliskan di atas (tabel dengan format tabel terbuka). Gambar/tabel/bagan/grafik perlu dibuat dengan jelas disertai judul yang informatif. Setiap tabel atau gambar harus dapat menjelaskan dirinya sendiri.

Judul tabel ditulis dengan huruf Times New Roman dengan font 12, bold (awal kalimat huruf besar) dengan jarak 1 spasi. Antara judul tabel dan tabel diberi jarak 1 spasi. Setiap tabel harus diketik dengan spasi 1, font 10.

Pembahasan

Merupakan bagian yang tak kalah pentingnya, membahas hasil utama yang diperoleh dan membandingkan dengan hasil-hasil atau apa yang dipahami sebelumnya. Pembahasan juga menjelaskan mengapa terjadi hasil seperti itu, apakah memang secara fisiologis, ataukah bertentangan. Jika bertentangan, hendaknya dijelaskan kemungkinan penyebabnya.

Pembahasan juga berisi tentang keterbatasan penelitian, termasuk kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi pada desain penelitan maupun keterbatasan di lapangan.

Jenis huruf Times New Roman, ukuran font 12, jarak 1,5 spasi, maksimum 3 halaman.

Kesimpulan dan Saran

Merupakan jawaban dari tujuan, jenis huruf Times New Roman, ukuran font 12, jarak 1,5 spasi.

Daftar Pustaka

Hanya memuat referensi yang benar-benar dirujuk. Sehingga referens iyang dimasukkan bisa ditemukan pada bagian-bagian sebelumnya. Rujukan di dalam teks naskah ilmiah harus disusun menurut angka sesuai dengan urutan penampilannya dalam naskah, dan ditulis menurut sistem Vancouver. Batas akhir data kepustakaan menjadi tanggung jawab pengarang. Adapun beberapa contoh penulisan referensi adalah sebagai berikut:

Artikel dikirimkan  kepada  IJCNP  melalui  email  kepada ijcnp.id@gmail.com  .